Di era digital saat ini, WhatsApp telah menjadi salah satu platform komunikasi yang paling populer, termasuk di Indonesia.
Bagi para pelaku bisnis, WhatsApp tidak hanya berfungsi sebagai media komunikasi dengan pelanggan secara personal, tetapi juga sebagai alat marketing yang efektif.
Salah satu fitur yang sangat berguna untuk tujuan marketing adalah template broadcast. Dengan menggunakan template, Anda dapat mengirim pesan massal secara otomatis kepada ribuan pelanggan dalam waktu singkat.
Hal ini tentunya akan sangat membantu pemilik bisnis untuk menjangkau target audiens mereka dengan lebih efisien.
Nah, pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang template broadcast WhatsApp, mulai dari pengertian hingga contoh template yang bisa Anda gunakan.
Pengertian WhatsApp Broadcast Template
Sebelum memahami pengertian templat, mari kita pelajari apa arti dari pesan broadcast WhatsApp terlebih dahulu. Pesan broadcast WhatsApp adalah model pesan yang memungkinkan suatu akun bisnis untuk mengirim pesan kepada banyak kontak WhatsApp sekaligus.
Pesan ini berfungsi sebagai saluran komunikasi dari satu orang ke banyak orang yang wujudnya terlihat seperti chat pribadi.
Penerima akan mendapat pesan dalam bentuk chat pribadi, jadi pesan broadcast sekilas tidak ada bedanya dengan chat dari teman atau keluarga. Selain itu, penerima juga dapat langsung merespon pada pengirim.
Oleh karena itu, pesan broadcast WhatsApp sangat memudahkan bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka secara massal tanpa perlu membuat sebuah grup chat.
Dalam mengirim pesan broadcast, bisnis menggunakan templat atau suatu format teks terstruktur yang bisa mereka gunakan berkali-kali untuk tujuan pemasaran.
Templat dapat berupa teks saja atau mengandung media seperti gambar, dokumen, video, dan tombol CTA. Pebisnis dapat mempersonalisasikan tempat dengan cara menambahkan variabel yang disesuaikan dengan demografi penerima dan informasi lainnya.
Dengan templat, pelaku bisnis dapat menghemat waktu untuk membuat dan mengedit pesan broadcast.
Baca Juga: 10 Rekomendasi Aplikasi WA Blast Terbaik
Pentingnya WhatsApp Broadcast Template bagi Bisnis
Template sangat penting untuk kampanye pemasaran via WhatsApp. Anda tidak akan bisa mengirim pesan outbond melalui WhatsApp Business API tanpa membuat template terlebih dahulu.
Karena Meta ingin melindungi penggunanya, semua pesan massal harus dikumpulkan ke Meta untuk mendapat persetujuan sebelum Anda bisa mulai mengirimkannya pada klien.
Lalu, bagaimana jika Anda tidak menggunakan WhatsApp Business API?
Maka, Anda bisa menggunakan WhatsApp Business App yang gratis, tetapi Anda tidak akan bisa mengirim promo ke lebih dari 265 kontak secara bersamaan.
Jadi kesimpulannya, Anda harus menggunakan template WhatsApp jika:
- Ingin menggunakan WhatsApp Business Platform.
- Ingin mengirim pesan promo ke lebih dari 265 kontak dalam satu waktu.
- Ingin menghubungi kontak di luar rentang waktu 24 jam yang dimulai setelah pengguna memulai percakapan dengan Anda. (Atau ketika Anda ingin mengirim pesan outbond.)
Baca Juga: Broadcast WhatsApp: Cara, Tips Mengoptimalkan, dan Template Pesan
Keuntungan Menggunakan WhatsApp Broadcast Message
Dengan menggunakan pesan broadcast WhatsApp, bisnis dapat menjangkau pelanggan dalam jumlah besar. Mereka dapat membagikan pembaruan terkini, penawaran, serta informasi lain yang dapat mendorong penjualan atau membangun kepercayaan dan kesetiaan pelanggan.
Beberapa keuntungan mengirimkan WhatsApp broadcast message adalah sebagai berikut:
- Menjangkau banyak kontak sekaligus dengan pesan yang dipersonalisasikan untuk setiap penerima.
- Dapat membantu membuat segmentasi pelanggan dan mengirim pesan sesuai target.
- Meningkatkan keterlibatan pelanggan dan memotivasi mereka untuk merespon balik lewat chat.
- Tergolong murah untuk komunikasi massal
- WhatsApp adalah aplikasi pesan terpopuler di dunia dan juga di Indonesia, sehingga dapat menjangkau lebih banyak masyarakat.
Menggunakan pesan broadcast WhatsApp menawarkan banyak keuntungan yang dapat mentransformasikan cara bisnis Anda dalam berkomunikasi dengan audiens. Selanjutnya, mari kita lihat beberapa contoh pesan broadcast WhatsApp.
Baca Juga: BSP WhatsApp: Pengertian dan Fitur yang Dimilikinya
Contoh Template Broadcast WhatsApp
Berikut ini merupakan beberapa jenis templat broadcast WhatsApp yang bisa Anda gunakan:
1. Pesan selamat datang
Seperti yang diimplikasikan namanya, pesan-pesan ini akan dikirim ke pelanggan yang baru saja bergabung dengan layanan Anda.
Tujuan pesan ini adalah untuk menunjukkan apresiasi dan menawarkan materi onboarding seperti panduan, petunjuk, atau jenis-jenis konten lain.
Template
Halo [nama pelanggan]!
Selamat datang di [nama perusahaan]! Kami sangat senang dapat menyambut Anda sebagai pelanggan baru kami. [Nama perusahaan] berkomitmen untuk menyediakan [nama produk atau layanan] berkualitas tinggi untuk Anda.
Jika Anda memiliki pertanyaan terkait layanan atau produk kami, jangan sungkan untuk bertanya. Terima kasih telah memilih kami!
Salam,
[Nama perusahaan]
Baca juga: WhatsApp API: Arti dan Perbedaannya dengan WhatsApp Business
2. Pesan verifikasi
Pesan verifikasi akan dikirim begitu konsumen membuat akun. Tujuan pesan ini adalah untuk memeriksa keotentikan informasi yang konsumen masukkan. Biasanya, Anda akan mengirimkan kode OTP atau verifikasi yang harus konsumen masukkan untuk memverifikasi akun mereka.
Template
Halo [Nama pelanggan]!
Terima kasih telah memilih platform kami. Untuk memverifikasi akun Anda, masukkan kode [kode verifikasi] ini pada situs Anda. Kode ini berlaku selama [X] menit. Atau, Anda bisa menggunakan tautan di bawah ini untuk memverifikasi akun Anda:
[Tautan verifikasi]
Terima kasih,
[Nama perusahaan]
Baca Juga: Cara Mendapatkan Centang Hijau WhatsApp, Manfaat, dan Syaratnya
3. Konfirmasi pesanan
Template konfirmasi pesanan berguna untuk memberi notifikasi pada pembeli bahwa pembayaran mereka sudah diproses. Pesan ini juga biasanya akan mencakup detail produk.
Template
Pesanan dikonfirmasi!
Terima kasih sudah memilih kami. Pesanan Anda untuk [Nama Produk] dengan [Nomor Pemesanan] sudah kami konfirmasi. Kami akan memberi tahu Anda begitu pesanan sudah dikirim lengkap dengan nomor resinya.
Baca juga: Apa itu WA Bulk Sender? Pengertian dan Rekomendasinya
4. Template customer support
Templat customer support akan menjembatani komunikasi antara Anda dan pelanggan yang memerlukan bantuan atau memiliki pertanyaan.
Template broadcast WhatsApp ini menjadi titik awal untul memulai percakapan dengan konsumen yang mencari bantuan dan seharusnya menjadi bagian dari strategi sales engagement.
Selain itu, pastikan bahwa Anda merespon pertanyaan pelanggan dengan cepat dan memberikan mereka dengan informasi yang tepat untuk memastikan pengalaman pelanggan yang positif.
Template
Halo [Nama pembeli]
Terima kasih telah menghubungi kami. Nama saya [Nama Anda] dan Saya di sini akan membantu masalah Anda. Bisakah Anda ceritakan lebih banyak tentang masalah yang Anda hadapi? Saya akan melakukan yang terbaik untuk membantu Anda.
Baca juga: 4 Penyebab dan Cara Mengatasi WhatsApp Error
5. Pesan penawaran
Pesan penawaran adalah pesan promosi yang menginformasikan pada konsumen Anda terkait promo terbatas atau promo personal untuk menciptakan hype dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian.
Tujuan pesan penawaran adalah menciptakan perasaan eksklusif dan membuat pembeli merasa lebih berharga karena mendapatkan promo yang unik dan sesuai keinginan.
Template
Penawaran spesial buat [Nama Pelanggan] seorang!
Lagi ada diskon [X%] untuk barang di keranjang kamu, nih! Yuk, beli sekarang! Promo ini cuma berlaku sampai tanggal [Tanggal berlaku promo], jadi jangan sampai kelewatan ya!
Yuk, belanja sekarang di [Tautan ke keranjang]
Baca Juga: Cara Mengatasi Spam WA dan Tips Mengenalinya
6. Pesan pembaruan akun
Pesan pembaruan akun mencakup detail perubahan yang terjadi di akun konsumen. Templat ini berguna jika Anda perlu menyampaikan pembaruan terkait akun yang penting, seperti perubahan pada detail kontak, informasi tagihan, dan data pribadi.
Dengan mengirim pesan ini, Anda bisa menjaga agar konsumen tetap ter-update selagi Anda memiliki catatan perubahan yang akurat.
Template
Halo [Nama],
Kami ingin menyampaikan informasi bahwa kami telah memperbarui [Informasi yang diubah] Anda.
Jika Anda tidak melakukan perubahan ini, segera ganti kata sandi Anda dan hubungi kami secepatnya.
Terima kasih.
7. Pesan pengingat pembayaran
Templat pesan ini akan mengingatkan konsumen terkait deadline pembayaran yang akan datang. Anda bisa mengirimkan pesan ini untuk memastikan bahwa pembeli melakukan pembayaran tepat waktu untuk menghindari denda, biaya penalti, dan lain-lain.
Template
Hai [Nama Pembeli]!
Kami lihat [Nama Pembeli] belum menyelesaikan pembayaran sebesar [Jumlah] untuk produk [Nama produk] nih. Segera selesaikan pembayaran sebelum tanggal [Tanggal Jatuh Tempo, ya!
[Nama Perusahaan]
8. Konfirmasi pengiriman
Template ini memberi tahu konsumen bahwa pesanan mereka sudah dikirim. Pesan ini juga mencantumkan nomor resi dan estimasi tanggal penerimaan barang.
Dengan begitu, penerima dapat melacak status barang mereka dan memantau pengirimannya.
Template
Pesanan Anda sudah dikirim!
Pesanan dengan nomor [Nomor Pesanan] sudah dikirim. Ini adalah nomor resi Anda: [Nomor Resi].
Kami perkirakan barang akan tiba dengan selamat di tangan Anda pada tanggal [Estimasi Tanggal Penerimaan]. Jika ada yang ingin Anda tanyakan, Anda dapat mengirim pesan pada kami.
Baca Juga: Pengertian Omnichannel, Manfaat, Jenis, dan Starteginya
9. Pesan permintaan umpan balik atau feedback
Anda dapat menggunakan templat pesan WhatsApp jenis ini untuk meminta umpan balik dari pelanggan tentang pengalaman mereka dengan perusahaan Anda.
Pesan jenis ini mendorong pelanggan untuk membagikan pemikiran dan pendapat mereka, sehingga Anda pun akan mendapatkan masukan yang berharga dan dapat memberikan penawaran yang lebih baik lagi ke depannya.
Template
Hai [Nama],
Sudah sebulan lebih nih sejak kamu menerima [Nama Produk]. Bagaimana pendapat kamu tentang [Nama Produk]?
Jika kamu punya waktu luang, maukah kamu membagikan pendapat kamu pada kami? Kami akan sangat menghargainya.
Terima kasih!
[Nama Perusahaan]
10. Pesan salam hari raya
Templat WhatsApp ini menyertakan pesan yang memungkinkan Anda mengirimkan ucapan selamat dan salam kepada pembeli Anda selama hari raya atau hari besar.
Harapannya, teks-teks ini dapat membantu Anda agar lebih terlibat dengan pelanggan dan membangun hubungan yang lebih baik.
Template
Halo [Nama Pelanggan]
Selamat tahun baru! Semoga di tahun yang baru ini, kamu mendapat kebahagiaan, kedamaian, dan kenyamanan bersama orang-orang tercinta. Selamat merayakan, ya!
[Nama perusahaan]
Baca Juga: WA Business: Apa Fitur dan Perbedaan dengan WA Biasa?
Kesimpulan
Jadi kesimpulannya, template broadcast WhatsApp adalah format teks terstruktur yang pelaku bisnis gunakan untuk mengirim pesan broadcast pada pelanggan mereka. Memiliki template akan sangat mempersingkat waktu dan meningkatkan efisiensi kerja tim pemasaran.
Akan tetapi, ada keterbatasan untuk pengiriman broadcast WhatsApp bagi akun WhatsApp Business biasa, yaitu mereka tidak akan bisa mengirim ke lebih dari 256 kontak dalam satu waktu. Karena itu, bisnis dengan jumlah pelanggan yang lebih banyak sebaiknya menggunakan WhatsApp Business Api.
Untuk menggunakan WhatsApp Business Api, Anda bisa mendaftar melalui CRM.ID. CRM.ID adalah software CRM yang dapat membantu Anda melayani pelanggan dengan bebas. Tidak ada keterbatasan jumlah teks, jumlah kontak, dan jumlah agen yang bisa menggunakannya.
Anda juga akan dibantu untuk mendapatkan centang biru yang akan meningkatkan kepercayaan orang-orang pada bisnis Anda.
Kalau begitu, tunggu apa lagi? Yuk, jadwalkan demo dengan Tim Hebat CRM.ID melalui tautan ini.
- Payday Sale: Tips Maksimalkan Penjualan di Hari Gajian - 17 Januari 2025
- 25 Contoh Kata-Kata Promosi Lewat WhatsApp - 16 Januari 2025
- Net Promoter Score: Cara Menghitung dan Menggunakannya - 15 Januari 2025